Menyikapi Berita Hoax, Umat Islam Harus Mengedepankan Akhlak Islami

SHARE:

Berita hoax yang saat ini kerap menyebar di masyarakat, menurut Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah yaitu bersumber dari kegemara...


Berita hoax yang saat ini kerap menyebar di masyarakat, menurut Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah yaitu bersumber dari kegemaran seseorang yang berlebihan dalam menyampaikan sebuah informasi di media sosial maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Haedar melihat dari Psikososial ada keinginan di dalam masyarakat untk berlomba-lomba  dalam menyampaikan sebuah informasi, dan ada rasa bangga jika menjadi yang pertama setelah melakukan hal tersebut, meskipun belum pasti kebenarannya.

“Karena saking inginnya menjadi yang pertama dalam menyebarkan informasi tersebut, lalu daya kritis masyarakat menjadi berkurang dalam menyikapi sebuah informasi yang didapat,” ungkap Haedar, Kamis (12/1) dalam tausyiah ba’da dzuhur yang diselenggarakan di Kantor PP Muhammadiyah Cik Ditiro Yogyakarta.

Padahal, menurut Haedar dalam Al-Quran surah Al-Hujurat ayat 6 telah disebutkan, “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik(orang yang tidak sejalan kata dan tindakan) dalam membawa suatu berita, maka periksalah (memperjelas sesuatu) dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatan kamu itu”.

“Manusia meiliki sifat tergesa-tergesa, khususnya dalam menyampaikan sesuatu. Bahkan terkadang ada juga berita yang sudah lama, kemudian karena isunya sedang naik, berita yang sudah lama itu kembali dimunculkan untuk membuat kekisruhan di masyarakat,” ungkap Haedar.

Haedar menegaskan, bahwa penting untuk kita (umat islam) dalam menggunakan media sosial mengedepankan akhlak islami, salah satu ciri akhlak islami yaitu dengan  tabayyun terhadap sebuah berita.

“Lebih dari itu dengan akhlak islami kita juga harus tetap baik dalam bertutur kata, jangan mudah terpancing emosi terhadap sesuatu yang belum jelas, dan harus cerdas memaknainya,” pungkas Haedar.

Diakhir Haedar menyampaikan bahwa akhlak islami harus dilakukan oleh umat Islam disetiap waktu dan tempat, hal itu yang membedakan umat islam sebagai mutiara dalam beragama.

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
loading...
Name

aneh,4,arti mimpi,3,artis,7,berita,54,cara sembuh,8,hadist,11,hijab,1,hoax,3,inspirasi,29,Islam,49,Islami,57,kisah,25,komputer,1,mistis,4,muslimah,19,news,15,puasa,4,religi,49,sejarah,3,tips,29,Unik,16,Viral,42,
ltr
item
Viral Media Islami: Menyikapi Berita Hoax, Umat Islam Harus Mengedepankan Akhlak Islami
Menyikapi Berita Hoax, Umat Islam Harus Mengedepankan Akhlak Islami
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCPngUZLqf3jv4cDm_QeNetgtPFOUMq0rDYAM2UVBH25Kjgiscd558IDZ-9PUJCrykA0ohN3No-oMwyOSQqIwvQuNVUirsC4-SVs4x7Z4Yed0TvCZX_J0k7yC8YsqRtB-UjF2kdk_nuUBR/s320/q.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCPngUZLqf3jv4cDm_QeNetgtPFOUMq0rDYAM2UVBH25Kjgiscd558IDZ-9PUJCrykA0ohN3No-oMwyOSQqIwvQuNVUirsC4-SVs4x7Z4Yed0TvCZX_J0k7yC8YsqRtB-UjF2kdk_nuUBR/s72-c/q.png
Viral Media Islami
https://viralmediaislami.blogspot.com/2017/03/menyikapi-berita-hoax-umat-islam-harus.html
https://viralmediaislami.blogspot.com/
http://viralmediaislami.blogspot.com/
http://viralmediaislami.blogspot.com/2017/03/menyikapi-berita-hoax-umat-islam-harus.html
true
2735204742353848898
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy