Inilah Tanda-tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

SHARE:

Media Viral Islami - Setiap jiwa yang hidup pasti akan merasakan mati, hal ini telah jelas adanya. Dan sebagaimana terdapat dalam firman All...

Media Viral Islami - Setiap jiwa yang hidup pasti akan merasakan mati, hal ini telah jelas adanya. Dan sebagaimana terdapat dalam firman Allah yang artinya: "Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu maka apabila telah waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak dapat (pula) memajukannya." (QS. Al-A'raf: 34)"

Meskipun telah mengetahui bahwa kita semua pada akhirnya akan meninggal dunia. Namun tidak ada seorang pun yang mengetahui pasti kapan tiba saatnya ia meninggalkan dunia ini. Lalu bagaimana dengan tanda-tandanya, adakah tanda-tanda seseorang akan meninggal dalam islam ? simak penjelasan berikut ini.

Tanda Orang yang Akan Meninggal Dalam Dunia Medis
Dalam dunia medis orang yang sedang sakit keras dan mendekati sakaratul maut, memiliki ciri tertentu yang ia lakukan sebelum kepergiaannya. Berikut ciri-cirinya:

Nafsu Makan Mulai Hilang
Seseorang yang sedang sakit keras dan mendekati sakaratul maut tidak mau makan atau nafsu makan menghilang. Ketika hal itu terjadi memaksanya untuk makan tidak dianjurkan.

Kelebihan Tidur
Seseorang yang sakit dan mendekati sakaratul maut juga lebih sering tidur. Hal ini tentu saja mengkhawatirkan kita, namun mungkin saja itu merupakan peringatan dan agar kita lebih siap dan tidak takut kehilangan kemampuan atau kesempatan berkomunikasi dengannya.

Para ahli menuturkan kita tidak bisa memaksanya untuk tetap terjaga atau berkomukasi. Sangat penting untuk membiarkannya istirahat sebanyak mungkin.

Kebingungan Mental
Dalam sejumlah kasus, tanda menjelang kematian ditandai dengan kebingungan mental. Kebingungan tersebut contohnya seseorang akan minta untuk diantar ketempat yang jauh yang menurutnya itu adalah rumah mereka.

Perubahan Buang Air Kecil
Tanda selanjutnya ialah perubahan buang air kecil, setelah seseorang berhenti minum ginjal menjadi tertekan. Hal ini menyebabkan penurunan keluarnya urin dan urin berubah kuning kecoklatan gelap, proses ini biasanya di tandai dengan penurunan tekanan darah. Urin orang yang akan meninggal biasanya menurun secara signifikan dan warnanya semakin gelap.

Jari-Jari Menjadi Dingin
Menurut medis orang yang akan meninggal jari-jarinya menjadi dingin. Hal ini dikarenakan sirkulasi darah dan suhu tubuh menurun drastis.

Warna Kulit Semakin Pucat
Tanda yang terakhir ialah warna kulit semakin pucat, pada akhir proses kulit semakin pucat dengan mengembangkan pola khas berwarna keunguan atau kemerahan atau muncul bintik-bintik biru.

Selain tanda-tanda dari segi medis ada juga mitos mengenai tanda-tanda menjelang kematian. Mitos tersebut mengatakan bahwa, tujuh hari sebelum meninggal seseorang akan diuji dengan musibah sakit dan tidak nafsu makan namun tiba-tiba ia berselera untuk makan. Tiga hari sebelum seseorang meninggal ia akan merasa denyutan di bagian dahi, yaitu dibagian dahi kanan dan dahi kiri serta satu hari menjelang kematian yaitu di waktu ashar kita akan merasa denyutan di belakang daerah ubun-ubun.

Tidak Ada Tanda-Tanda Sebelum Kematian Dalam Islam
Sesungguhnya tidak ada tanda-tanda secara jelas menjelang kematian seseorang dalam islam. Meskipun banyak orang mencoba menyingkap tabir dibalik kematian dan mempelajari kapan kematian akan datang dan juga bagaimana bagaimana kehidupannya setelah ruh meninggalkan jasad. Namun sebagai orang yang beriman kita harus percaya bahwa ruh ialah hak pasti Allah SWT. Allah SWT berfirman yang artinya: "Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, "Ruh itu urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit." (QS. Al-Isra: 85)

Allah SWT hanya memberi sedikit konfirmasi bahwa kematian itu benar adanya dan kematian juga datang sewaktu-waktu tanpa bisa kita hindari. Sebagaimana terdapat dalam firman Allah yang artinya: "Dimanapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada didalam benteng yang tinggi dan kokoh." (QS. An-Nisa: 78)

Adapun sedikit penjelasan mengenai sakaratul maut dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya: "Rasulullah memasuki rumah Abu Salmah dan menutup mata Abu Salmah kemudian berkata, "Sesungguhnya roh itu tertahan (maksudnya meninggal) maka ia diikuti oleh mata" (HR. Muslim)

Berdasarkan dalil-dalil diatas dapat disimpulkan bahwa tanda-tanda menjelang kematian ialah tidak pasti karena hanya Allah SWT yang maha mengetahui. Sebagai makhluknya kita harus senantiasa beribadah dan berdoa agar kapanpun kematian datang kita akan meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Sumber: salingmenyampaikan

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
loading...
Name

aneh,4,arti mimpi,3,artis,7,berita,54,cara sembuh,8,hadist,11,hijab,1,hoax,3,inspirasi,29,Islam,49,Islami,57,kisah,25,komputer,1,mistis,4,muslimah,19,news,15,puasa,4,religi,49,sejarah,3,tips,29,Unik,16,Viral,42,
ltr
item
Viral Media Islami: Inilah Tanda-tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia
Inilah Tanda-tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTGHMm4ajJRzOcyRwr55GWjoG1g0oXFv6pccvAqnO5pbpc49NiG93O9fERygJUH3on4s199ADgNt_cr1VKkLTkh2dsR0xuX776lWds8gy7_H1Zzue56HBtlRZJLay56k1QNzMEG6wr9pZ_/s320/kematian.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTGHMm4ajJRzOcyRwr55GWjoG1g0oXFv6pccvAqnO5pbpc49NiG93O9fERygJUH3on4s199ADgNt_cr1VKkLTkh2dsR0xuX776lWds8gy7_H1Zzue56HBtlRZJLay56k1QNzMEG6wr9pZ_/s72-c/kematian.jpg
Viral Media Islami
https://viralmediaislami.blogspot.com/2017/03/inilah-tanda-tanda-seseorang-akan.html
https://viralmediaislami.blogspot.com/
http://viralmediaislami.blogspot.com/
http://viralmediaislami.blogspot.com/2017/03/inilah-tanda-tanda-seseorang-akan.html
true
2735204742353848898
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy